Macam-Macam Alat Keselamatan Kerja Yang Selalu Wajib Untuk Anda Perhatikan

Amorepead 0
alat keselamatan kerja

Macam-Macam Alat Keselamatan Kerja Yang Selalu Wajib Untuk Anda Perhatikan

Alat Keselamatan Kerja – Pekerjaan yang ada dalam proyek dan juga perusahaan yang memiliki gaji yang cukup besar dan juga ada beberapa tunjangan lain yang akan menggiurkan, hal ini yang akan menjadikan banyak minat untuk masyarakat dalam melakukan pekerjaan tersebut.

alat keselamatan kerja

Kita ketahui bahwa pekerjaan pada bagian konstruksi, pertambangan, migas ternyata angat rawan dan resiko  terjadi kecelakaan kerja.

  1. Helm Pengaman (Safety Helmet)

Helm pengaman atau Safety Helmet adalah alat untuk keselamatan kerja helm yang akan berfungsi sebagai pengaman utama dalam  melindungi kepala apabila kejatuhan dan benturan untuk benda secara langsung.

  1. Rompi Reflektor (Safety Vest)

Safety Vest, merupakan alat untuk keselamatan kerja yang berupa rompi yang akan dilengkapi dengan iluminator, yaitu sebuah bahan yang tentu dapat berpendar jika terkena cahaya.dengan Bahan berpendar dan ini akan memudahkan untuk saling mengenali posisi untuk pekerja ketika berada dalam keadaan yang gelap dan berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang akan disebabkan dengan kontak yang berbahaya atau tabrakan.

  1. Sepatu Pengaman (Safety Shoes)

Safety Shoes merupakan alat untuk keselamatan kerja yang akan  memiliki bentuk seperti sepatu biasa, tetapi akan terbuat dari bahan kulit yang akan dilapisi dengan metal dan dengan sol dari karet yang tebal dan kuat.

Safety Shoes dapat berfungsi untuk mencegah beberapa kecelakaan fatal yang menimpa kaki seperti tertimpa oleh benda tajam atau benda berat, cairan kimia, benda panas, dsb.

  1. Kacamata Pengaman (Safety Goggles/Glasses)

Safety Goggles/Glasses akan memiliki perbedaan dengan kacamata yang ada pada umumya, yakni lensa/kaca yang menutupi mata secara menyeluruh, dan termasuk juga pada bagian samping yang terdapat oleh pelindung yang tidak ada pada kacamata biasa.

Dengan menggunakan alat ini, pekerja yang dapat terhindar dari terpaan debu dan paparan partikel yang akan melayang di udara ataupun di air,dengan  percikan benda kecil, benda panas, ataupun cipratan dari minyak pada saat proses drilling diarea proyek.

  1. Penyaring Udara (Safety Masker/Masker Respirator)

Alat Keselamatan Kerja – Safety Masker adalah alat untuk keselamatan kerja yang berfungsi sebagai penyaring untuk udara yang akan dihirup pada saat bekerja pada area dengan beberapa kualitas udara yang buruk misal berdebu, beracun, dsb.

  1. Sarung Tangan Pengaman (Safety Gloves)

Safety Gloves adalah alat untuk keselamatan kerja yang akan berfungsi sebagai alat pelindung tangan dari juga benda- benda tajam yang di mana dapat mengakibatkan cedera tangan ketika akan melakaukan pekerjaan.

  1. Pengaman Telinga (Ear Plugs)

Ear Plugs adalah alat untuk keselamatan kerja yang berfungsi sebagai alat pelindung yang akan dilekatkan di telinga pada saat ingin melakukan pekerjaan di tempat yang bising.

  1. Lampu Kepala (Head Lamp)

Head Lamp  atau lampu kepala adalah alat untuk keselamatan kerja yang biasanyabisa dengan  khusus digunakan pada penambangan bawah tanah (underground).di mana Pada pekerjaan bawah tanah malam dan siang hari yang ada di dalam terowongan tak ada bedanya, sama-sama gelap.

  1. Penyelamat Mandiri (Self Rescuer)

Self Rescuer atau (penyelamat mandiri) adalah alat yang dapat digunakan sebagai penyelamat bagi para pekerja dan dalam kondisi darurat akibat kebakaran atau akan ditemukannya gas beracun.

  1. Sepatu Boot (Safety Boot)

Safety Boot atau (sepatu boot) adalah alat untuk keselamatan kerja yang selalu ingin digunakan pada kondisi area proyek yang umumnya licin dan berlumpur, sepatu boot akan menjadi kebutuhan pokok untuk keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja.

  1. Tali Pengaman (Safety Harness)

Safety Harness atau (tali pengaman) merupakan alat untuk keselamatan kerja yang berfungsi sebagai pengaman atau pelindung untuk tubuh dari cidera karena jatuh pada  saat bekerja.

Dalam penggunaan-nya alat ini sangat wajib dipakai ketika ingin melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan ketinggian yang ada di atas 1,8 meter.

  1. Sabuk Pengaman (Safety Belt)

Safety Belt atau (sabuk pengaman) adalah alat untuk keselamatan kerja yang berfungsi sebagai alat pengaman ketika akan menggunakan alat transportasi mobil ataupun peralatan lain seperti, pesawat, helikopter, alat berat, dan lain sebagainya.

  1. Jas Hujan (Raincoat)

Raincoat atau (jas hujan) adalah alat untuk keselamatan kerja yang akan berfungsi untuk melindungi tubuh pekerja dari percikan air pada saat bekerja, misalnya bekerja pada waktu hujan atau ketika sedang mencuci alat.

  1. Pelindung Wajah (Face Shield)

Face Shield atau (pelindung wajah)  adalah alat untuk keselamatan kerja yang berfungsi sebagai alat pelindung wajah dari percikan benda yang asing pada saat bekerja, seperti percikan menggerinda, paparan bahan kimia dan lain-lain.

  1. Pelampung (Lifevest)

Alat Keselamatan Kerja – Lifevest atau (pelampung) merupakan alat yang sangat wajib yang harus digunakan ketika seseorang ingin bekerja dan berhubungan langsung dengan perairan.Biasanya terdapat pada proyek yang mana ketika menjangkau-nya harus melewati area perairan dengan selalu menggunakan alat transportasi seperti kapal dan pelampung.

Untuk info tentang Alat Keselamatan Kerja klik di sini