Cara untuk Membuat Es Kopi Kekinian yang Sederhana

Amorepead 0

Pengen buat es kopi kekinian tapi masih ragu? Kita simak bareng yuk, beberapa cara untuk membuat es kopi kekinian yang sederhana berikut ini…

Proses Pengolahan Biji Kopi

membuat es kopi kekinian

Proses untuk pengolahan buah kopi ada dua, yaitu proses pengolahan secara basah (full wash) dan pengolahan secara kering (dry process atau natural process).

Diantara kedua proses tersebut, terdapat beberapa teknik yang sering dipakai oleh para petani kopi. Yaitu teknik yang sering disesuaikan dengan kondisi yang ada di kebun, misalnya seperti ketersediaan air, cuaca yang tengah terjadi ataupun kondisi ekonomi dari petani kopi dan juga sesuai dengan pesanan dari para pembeli.

Sebenarnya ada lebih dari 2 teknik untuk pengolahan buah kopi. Tapi di sini saya hanya akan membahan 2 teknik saja, yaitu teknik full wash dan teknik Dry atau natural Process.

1. Full Wash atau Teknik Basah

Pada proses pengolahan kopi menggunakan teknik olah basah ini biasanya dimulai dengan memisahkan kulit buah kopi dengan daging buah kopi, ini bisa dilakukan menggunakan alat atau mesin pembuat kopi agar dapat lebih menghemat waktu.

Cara untuk mengupas kulit kopi menggunakan alat pengupas kulit buah kopi adalah dengan memasukan buah kopi ke dalam wadah penampung yang berada di atas pulper (hoper) dan putar roda penggiling yang berada dibagian samping sambil sirami buah kopi menggunakan air.

Biji kopi yang sudah berhasil terkupas dari kulit dan daging kopinya, biasanya akan dimasukan ke dalam bak yang digunakan untuk menampung dan yang nantinya akan diisi air.

Proses pengolahan biji kopi menggunakan teknik full wash ini, biasanya dilakukan dengan cara merendam biji kopi yang sudah dikupas ke dalam air.

Dan setelah beberapa saat, biasanya air yang digunakan untuk merendam kopi akan diganti agar lendir yang menempel pada kulit gabah (parchment) bisa larut dan hilang.

Tujuan utama dari proses perendaman ini adalah agar lendir yang menempel pada parchment bisa menghilangkan.

Beberapa ahli pengolah biji kopi menyatakan bahwa teknik full wash dapat menghindari proses fermentasi kopi, seingga dapat diharapkan bahwa hasil seduhan bubuk kopinya bisa terasa clean atau hanya ada rasa murni dari kopi itu sendiri.

Setelah biji kopi diangkat dari rendaman air, biji kopi harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung agar kadar air yang terdapat pada biji kopi bisa berkurang menjadi 12 persen.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan biji kopi ini mungkin tidak dapat ditetapkan, karena cuacanya dapat berubah kapan saja. Tapi pada teknik full wash bisa mempercepat proses pengeringan karena biji kopi dapat dihindarkan dari fermentasi yang berlebih.

Teknik pengolahan full wash ini biasanya di terapkan pada pabrik pengolahan kopi PTPN milik pemerintah atau pabrik pengolahan milik perkebunan swasta.

Mereka menerapkan teknik pengolahan secara basah agar dapat menjaga keseragaman citarasa pada produksi biji kopi mereka.

Setelah biji kopinya kering, kulit gabah (parchmen) yang menempel pada biji kopi bisa dilepaskan menggunakan mesin huller. Tetapi jika biji kopinya masih ingin disimpan, dianjurkan untuk tidak mengupas kulit gabah yang menempel terlebih dahulu.

Pengolahan buah kopi secara full wash ini biasanya diterapkan pada kopi arabika dan robusta. Karena jika kopi robusta diolahan menggunakan teknik basah maka akan menurunkan bodi asli kopi robusta yang terkenal tebal. Dengan demikian seorang dapat meminum kopi robusta dengan lebih ringan.

2. Dry Process atau Teknik Kering

Sesuai dengan namanya, dry process atau teknik kering ini tidak memerlukan air dan tidak menggunakan mesin pulper, karena daging dan kulit buah kopi tidak perlu dikupas.

Setelah buah kopi selesai disortasi, buah kopi biasanya akan langsung dijemur di bawah sinar matahari baik secara langsung atapun dengan menggunakan plastik green house.

Proses pengeringan pada buah kopi ini memerlukan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi, agar buah kopinya dapat kering dengan cepat.

Semakin biji kopinya kering dengan cepat, maka buah kopi dapat terhindar dari jamur dan dari proses fermentasi yang berlebihan.

Kandungan gula yang terdapat pada daging buah akan memberikan citarasa tersendiri pada biji kopi selama proses mengering di bawah sinar matahari yang panas berlangsung.

Setelah biji kopinya kering dan tingal menyisakan kadar air sebanyak 12%, maka proses pengeringannya sudah selesai dan biji kopi bisa langsung di-pulping agar dapat menghilangkan kulit yang masih menempel dan warnanya yang berubah menghitam karena kering bersamaan dengan parchment-nya.

Itu tadi 2 proses pengolahan biji kopi yang Saya tahu dan yang bisa Saya sampaikan. Untuk selanjutnya Saya akan membagika beberapa cara untuk membuat es kopi kekinian, agar lengkap saja. Mulai dari pengolahan buah kopi sampai cara untuk membuat minuman kopi sekaligus.

Jadi, berikut ini adalah beberpa cara untuk membuat es kopi kekinian yang paling mudah dan yang bisa dibuat sendiri maupun dengan teman di rumah Anda.

Cara untuk Membuat Es Kopi Kekinian

membuat es kopi kekinian

1.Cara Membuat Es Kopi Kekinian dengan Susu

Bahan-bahan yang akan Kita gunakan :

  • 1 bungkus kopi bubuk instan nescafe
  • 2 sdm kreamer
  • 150 ml susu kental manis rasa coconut
  • Sedikit air panas untuk melarutkan bubuk kopi
  • Es batu secukupnya

Langkah-langkah untuk membuat kopi :

  1. Siapkan semua bahan yang akan Kita gunakan.
  2. Tuangkan bubuk kopi instan dan kreamer ke dalam gelas atau shaker.
  3. Setelah itu, larutkan keduanya menggunakan sedikit air panas.
  4. Setelah keduanya larut, tuangkan susu coconut ke dalam campuran kopi tadi dan aduk atau shake sampai semuanya tercampur merata.
  5. Tambahkan secukupnya es batu atau sesuai selera agar lebih nikmat.
  6. kopi sudah siap.

2. Cara Membuat Es Kopi Kekinian Cold Gula Brew Coffee

Bahan dan alat yang akan Kita gunakan :

  • Bottle Hario Filter Coffee
  • Grinder kopi (bisa manual atau machine)
  • 55 gr Coffee bean
  • 650 ml cold water atau suhu ruangan

Langkah-langkah untuk membuat kopi :

  1. Pertama giling 55 gr biji kopinya menggunakan mesin grinder kopi.
  2. Tingkat kehalusan untuk hasil grindnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  3. Setelah selesai di grind, tuangkan hasil grindernya tadi ke dalam filter pada coffee bottle. Tutup sampai benar-benar rapat.
  4. Isi dengan air dingin sebanyak 650 ml.
  5. Setelah itu, simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 8-12 jam.
  6. Setelah disimpan cukup lama, keluarkan coffee bottle dari kulkan dan saring kopi menggunakan filter kopi tau yang Anda punya.
  7. Sajikan kopi cold brew di gelas, bisa ditambah es batu tau bisa juga tanpa es batu.
  8. Selamat menikmati kopi Anda.

3. Ice Cafe Latte Wong Jowo

Bahan-bahan yang akan Kita gunakan :

  • 2 gr kopi instan Nescafe
  • 250 gr susu full cream
  • 3 sdm gula merah
  • Es batu secukupnya

Langkah-langkah untuk membuat kopi :

  1. Pertama, siapkan semua bahan yang akan Kita gunakan.
  2. Lalu, siapkan gelas kecil. Masukkan bubuk kopi nescafe ke dalam gelas dan seduh menggunakan air sebanyak 4 sdm jika rasa kopinya ingin lebih pekat tapi bisa juga disesuaikan dengan selera Anda, asal jangan terlalu encer.
  3. Setelah itu, tuangkan gula merah cair sebanyak 3 sdm kedalam gelas yang berbeda dan juga tambahkan es batu secukpnya.
  4. Lalu, tuangkan susu full cream secukupnya kedalam gelas yang berisi gula.
  5. Setelah itu, tuangkan kopi yang tadi sudah Kita seduh ke atas susu full creamnya, tuangkan secara perlahan-lahan agar terlihat lebih cantik.
  6. Dan… Kopi pun sudah siap untuk dihidangkan.

 

Demikian artikel mengeni cara untuk membuat es kopi kekinian yang sederhana yang bisa Saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat. Anda juga bisa membaca artikel tentang resep kopi kekinian lainnya jika Anda ingin mencoba untuk membuat jenis minuman kopi lainhya.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_