Apklindo Bersinergi dengan Pemerintah Pada Masa Pandemi

Amorepead 0
Apklindo

Apklindo adalah singkatan dari Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia. Pada awalnya perusahaan klining servis muncul mulai tahun 1980. Dengan jumlah awal sekitar 200 perusahaan, dan pada masa itu merupakan masa kejayaan pertumbuhan jasa klining servis.

Tahun 1980 untuk mengoptimalkan kinerja dari usaha mereka, lantas membentuk suatu wadah yang diberi nama awal HIPJAKI atau Himpunan Pengusaha Jasa Kebersihan Indonesia.

Akan tetapi dalam perjalanannya mengalami beberapa masalah. Setelah berkonsultasi dengan KADIN JAYA serta mempertimbangkan beberapa masukan, akhirnya muncul ide sehingga akhirnya membentuk Apklindo.

baca juga: jasa bersih rumah bandung

Sejarah Apklindo

20 Mei 1985 Apklindo resmi secara keberadaan dan keabsahannya. Pada tahun 2014, Apklindo telah memiliki website resmi yang bisa diakses dari segala penjuru dunia.

Tujuan dari Apklindo

Tujuan dari berdirinya asosiasi ini adalah menciptakan sebuah badan usaha yang bergerak pada usaha jasa cleaning service yang profesional, jujur, bertanggung jawab, serta dapat bersaing dalam pasar global.

Meningkatkan peran serta dalam pembangunan nasional untuk mampu menciptakan lapangan kerja dan juga lingkungan hidup yang bersih, nyaman, dan sehat bagi seluruh lapisan masyarakat.

baca juga: jasa bersih rumah di bandung

Sertifikasi Untuk Cleaning Service

Pada tahun 2016 Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO), Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI), serta Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI) sepakat mengajukan kepada pemerintah.

Mewajibkan untuk semua perusahaan jasa kebersihan dan laundry dapat tersertifikasi. Tujuan utama dari sertifikat ini sendiri adalah karena cleaning service termasuk dalam salah satu bagian dari profesi pekerjaan di Indonesia.

Pada pandemi seperti sekarang ini tentu saja banyak perusahan penyedia jasa cleaning service terkena dampak dari pandemi ini.

Pemerintah bersama Apklindo menjalin kerjasama dengan menggunakan E-Katalog yang mereka gunakan sebagai pedoman harga.

Meskipun penyedia jasa cleaning service ini tidak berhenti total, akan tetapi tetap ada pengurangan. Untuk itu, kerjasama dengan pemerintah masih terus dilakukan.

Dukungan dari pemerintah dengan adanya E-Katalog ini menjadikan perusahaan klining servis dapat mengikuti tender dengan terbuka dan transparan.

Di masa pandemi ini juga para tenaga cleaning servis Apklindo sudah dibekali teknis untuk penerapan standar kerja dalam era new normal.