Mengenal Kelapa Sawit

Amorepead 0

Banyak macam – macam kelapa yang tumbuh di negara Indonesia. Karena banyak memiliki manfaat yang melimpah tidak sedikit pula orang yang mencarinya untuk kebutuhan. Pembahasan kali ini ialah mengenal kelapa sawit. Yuk kita simak bersama!

Apa itu kelapa sawit?

Kelapa sawit yang bernama latin  Elaeis guineensis  sebetulnya bukan tumbuhan baru bagi masyarakat Indonesia. Tumbuhan ini merupakan tanaman industri yang semakin penting untuk menghasilkan keperluan minyak seperti minyak masak, minyak industri, atau sebagai alternativ bahan bakar (yang dikenal dengan istilah biodiesel).

Indonesia adalah negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Di Indonesia, penyebaran penanaman pohon berada di daerah Aceh, pantai timur Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Ciri-Ciri Morfologi

Tumbuhan ini termasuk tumbuhan pohon, tingginya bisa mencapai 24 meter. Bunga dan buahnya berupa tandan, serta bercabang banyak. Buahnya kecil dan masak, berwarna merah kehitaman. Daging buahnya padat. Daging dan kulit buahnya mengandung minyak. Minyaknya sering di gunakan sebagai bahan minyak goreng, sabun, dan lilin. Sedangkan ampasnya dimanfaatkan untuk makanan ternak, khususnya sebagai salah satu bahan makanan pembuatan ayam. Tempurungnya digunakan sebagai bahan bakar dan arang.

Ciri – Ciri Morfologi Tanaman Ini Bisa Dirincikan Sebagai Berikut:

1. Daun

daun majemuk yang berwarna hijau tua dengan pelepah berwarna sedikit lebih muda. Penampilannya sangat mirip dengan tanaman salak, hanya saja dengan duri yang tidak terlalu keras dan tajam.

2. Batang

Batang tanaman diselimuti bekas pelepah hingga umur 12 tahun. Setelah umur 12 tahun pelepah yang mengering akan terlepas dari menjadi mirip dengan tanaman kelapa.

3. Jenis Akar 

Akarnya adalah akar serabut yang mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar nafas yang mengarah ke arah samping untuk mendapatkan tambahan aerasi.

4. Bunga

Adapun bunga jantan dan betinanya terpisah serta memiliki waktu pematangan yang berbeda. Hal ini membuat sangat jarang terjadi penyerbukan sendiri. Bentuk bunga jantannya lancip dan panjang sementara bunga betinanya lebih mekar dan besar.

5. Buah

Warna buah sawit bervariasi, mulai dari hitam, ungu, hingga merah. Ini tergantung dari bibit yang dipakai. Buahnya ini bergerombol dalam tandan yang muncul dari masing-masing pelepah. Buah sawit terdiri dari tiga lapisan, yakni
Eksoskarp, adalah bagian kulit buah yang warnanya kemerahan dan licin.
b) Mesoskarp, yang merupakan serabut buah.
c) Endoskarp, adalah cangkang pelindung inti. Inti sawit ini merupakan endosperm dan embrio dengan kandungan minyak inti berkualitas tinggi.

Pembiakan

Perkembangbiakan tumbuhan ini adalah dengan cara generatif. Mengenal kelapa sawit buahnya akan matang pada kondisi tertentu, kemudian embrionya akan berkecambah menghasilkan tunas (plumula), lalu bakal akar (radikula). Sawit dapat hidup dengan baik di daerah tropis (15 ° Lintang Utara – 15 ° Lintang Selatan). Tanaman ini tumbuh dengan sempurna di ketinggian 0 – 500 meter dari permukaan laut dengan kelembaban 80% – 90%. 

Sawit membutuhkan iklim dengan curah hujan stabil dengan 2000 – 2500 mm yaitu daerah yang tidak akan tergenang ketika hujan dan tidak akan kering di saat musim kemarau. Pola hujan tahunan perilaku pertumbuhan dan produksi buah tandan buah segar.

Contoh Olahan Kelapa Sawit

Kelapa sawit menghasil minyak sawit yang dapat digunakan sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi. Minyak sawit juga dapat di gunakan untuk begitu beragam peruntukannya karena keunggulan sifat yang di milikinya yaitu tahan oksidasi dengan tekanan tinggi, mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, yang mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik.

Bagian paling populer yang diolah dari tanaman kelapa sawit adalah buah. Bagian daging buah menghasilkan minyak kelapa mentah yang diolah menjadi bahan baku minyak goreng dan berbagai jenis turunannya. Kelebihan minyak nabati dari sawit adalah harga yang murah, rendah kolesterol, dan memiliki kandungan karoten tinggi. Jadi tidak mengherankan jika minyak nabati dari kelapa sawit sangat digemari dipasaran dan permintaannya terus meningkat.

Selain itu minyak sawit juga diolah menjadi bahan baku margarin. Minyak inti menjadi bahan baku minyak alkohol dan industri kosmetika. Ampasnya dimanfaatkan untuk makanan ternak. Ampas yang disebut bungkil inti sawit itu digunakan sebagai salah satu bahanpembuatan makanan ayam. Tempurungnya digunakan sebagai bahan bakar dan arang. Olahan tersebut biasanya menggunakan mesin khusus yang sudah banyak beredaran di pasaran

 

Nah, itu dia pembahasan tentang mengenal kelapa sawit temen – temen. Bagaimana apakah kalian sudah tau apa itu kelapa sawit? sekian dulu pembahasan kali ini, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu kalian semua. Sekian Terima Kasih.