6 Manfaat Air Kelapa Muda

Amorepead 0

Buah kelapa muda memang banyak mempunyai manfaat bagi kehidupan kita. Kita sendiri kadang juga membutuhkan manfaat air kelapa tersebut. Kali ini, kita akan membahas 6 manfaat air kelapa muda. Yuk kita simak bersama!

6 Manfaat Air Kelapa Muda

1. Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Manfaat air kelapa muda berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino.

Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi. Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

2. Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Manfaat air kelapa muda yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin.

Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat – obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

5. Menetralisir Racun di Tubuh

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

6. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air kelapa muda bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Nah, itu dia sedikit pembahasan tentang 6 manfaat air kelapa muda. Air kelapa muda ini juga bisa di olah menjadi minuman yang sehat dan menyegarkan menggunakan mesin khusus yang ada di pabrik – pabrik besar lho. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan dan ilmu kita semua. Sekian Terima Kasih