Cara Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

Amorepead 0
cara menyimpan daging kurban dalam kulkas

Daging kurban yang didapat saat Idul Adha tidak perlu dimasak dengan cepat. Anda dapat menyimpannya untuk digunakan di masa mendatang. Namun, menyimpan daging membutuhkan trik tertentu agar lebih awet dan tidak basi. karena daging busuk disimpan terlalu lama dan diproses, dapat menyebabkan keracunan makanan. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas Agar Tahan Lama dan tidak membusuk. Ayo simak baik- baik!

Cara Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

cara menyimpan daging kurban dalam kulkas

1. Jangan mencuci daging

cara menyimpan daging kurban dalam kulkas

Jangan mencuci daging mentah. Dikutip dari NBC, semua patogen berbahaya akan mati jika daging dimasak pada suhu panas. Daging yang dicuci justru bisa mengundang bakteri. Simpan daging dalam wadah tertutup rapat untuk menghindari kontak dengan makanan lain.

Baca Juga : Produk Vacuum Sealer

2. Simpan di freezer

cara menyimpan daging kurban dalam kulkas

Sebaiknya tutup kembali dengan kertas timah agar daging tetap lembab sehingga rasanya segar. Segera simpan dalam freezer selagi daging masih segar agar rasa dan nutrisinya tetap terjaga.

Sisa daging yang dimasak dapat bertahan hingga empat hari di lemari es, dan di dalam freezer hingga enam bulan. Jangan lupa untuk mendinginkan makanan terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam lemari es atau freezer.

3. Pilih daging segar

Seperti dilansir Healthline, pilihlah daging segar. Jangan memilih daging yang ramping, tidak berbau, berwarna coklat tua atau coklat. Anda dapat memeriksa kesegaran daging dengan menekannya.

Jika daging kembali ke bentuk semula, maka daging tersebut masih segar. Warna daging segarnya juga tidak pucat dan memiliki aroma khas seperti daging pada umumnya.

4. Simpan dalam kondisi lama

Membumbui daging atau mengasinkannya sebelum disimpan di lemari es bisa membuat daging lebih awet. Apalagi jika bumbu yang digunakan adalah kunyit, garam, gula, dan bawang bombay. Rempah-rempah ini mengandung zat antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri dalam daging.

5. Tempatkan daging dalam wadah tertutup

 

Daging mentah yang tidak diisi umumnya bertahan sekitar 3 hari di lemari es. Anda dapat menyimpan daging dalam bungkus udara dan memberi label pada daging beku sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

Freezer membantu menjaga daging tetap segar dengan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme dan mengurangi aktivitas enzim yang bertanggung jawab untuk merusak makanan. Daging mentah beku dapat disimpan hingga 4-12 bulan.

Pentingnya mencegah daging terkena udara, menurut The Kitchn, adalah dengan menekan pembungkus udara langsung ke dalam daging. Untuk lapisan perlindungan ekstra, tambahkan aluminium foil di bagian luar atau tutup rapat dalam kantong plastik pembeku yang dapat ditutup kembali.

6. Waspadalah terhadap suhu beku

Menurut Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS. (FDA), seperti dilansir Food Hacks, pembekuan harus diatur pada 0 ° F (-18 ° C). Kami menyarankan Anda untuk selalu memeriksa suhu termometer yang meskipun mahal. Jika freezer sudah dingin, lebih mudah untuk mendinginkan daging Anda.

Berbeda dengan sayuran, salah satu manfaat daging beku adalah tidak kehilangan nutrisi karena proses pembekuan yang tidak mempengaruhi mineral atau vitamin A dan D dalam daging.

7. Jangan membekukan daging cair

Menurut NHS, setelah mengeluarkan daging beku dari lemari es, seluruh proses dilakukan dengan cepat sehingga tidak ada sisa untuk diisi. Mengisinya dengan daging mentah cair dapat menurunkan kualitas daging dan dapat menjadi terlalu matang.

Jadi sebelum dimasukkan ke kulkas, dagingnya bisa dipotong-potong dulu, jadi setelah matang tinggal dikeluarkan dan dilelehkan jika perlu. Untuk menyimpannya, penyimpanan yang tepat akan mempengaruhi kualitas daging, sehingga daging yang disimpan dengan benar dapat menghindari bakteri seperti salmonella atau e.coli.

Demikian pembahasan cara menyimpan daging kurban dalam kulkas kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.