Pentingnya Cek BPOM untuk Pengenalan Produk, Begini Caranya!

Amorepead 0

Menyikapi semakin banyaknya produk makanan, minuman, kosmetik dan farmasi di Indonesia, terkadang muncul kekhawatiran tentang persetujuan izin edar.

BPOM memiliki dasar hukum dari Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Bertugas mengawasi peredaran obat dan bahan makanan di Indonesia. Jadi pentingnya produk tervalidasi BPOM.

Pengawasan tersebut memang diperlukan untuk mencegah peredaran produk ilegal.

Produk yang telah disetujui peredarannya harus dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Anda bisa mencari produk yang ingin diketahui apakah sudah mendapat izin edar dari BPOM atau belum. Periksa langkah-langkahnya:

1. Untuk mengetahuinya bisa cek di BPOM melalui https://cekbpom.pom.go.id/

2. Produk dapat dicari berdasarkan nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah, kemasan, ketersediaan, komposisi dan nama pendaftar.

3. Setelah mencari produk yang ingin diketahui, layar akan menampilkan nomor registrasi, produk (jenis paket dan berat produk yang akan dicantumkan) dan register (nama perusahaan dan kota asal yang akan dicantumkan) .

Selain itu, tahun penerbitan akan ditampilkan dengan nomor pendaftaran yang tercantum.

Namun, Cek No BPOM menginformasikan bahwa nomor izin edar tidak diperlukan untuk setiap makanan olahan, misalnya makanan olahan berisiko rendah yang diproduksi oleh rumah tangga.

Sebab, izin PIRT merupakan kewenangan pemerintah daerah.

Beberapa makanan olahan tidak wajib memiliki izin edar, seperti makanan dengan masa simpan kurang dari 7 hari, makanan siap saji, atau makanan yang dijual untuk bahan baku Perusahaan atau B sampai B.

Masyarakat dihimbau untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan menerapkan pemeriksaan kemasan, pemeriksaan label, pemeriksaan izin edar dan pemeriksaan kedaluwarsa (CLIK) sebagai tips memilih makanan yang aman.

Pasalnya, saat ini banyak sekali produk baru yang dirilis setiap minggunya, bahkan mungkin setiap hari. Salah satunya pada e-commerce di Indonesia yang banyak dijual.

Setiap bulan, BPOM selalu menerima produk baru yang mendapat persetujuan distribusi. Itu bisa dilihat dari statistik yang mereka tampilkan di situs resminya.