Cara Membuat Cold Brew Dengan French Press Yang Mudah Dan Praktis

Amorepead 0
cara membuat cold brew dengan french press

Cara Membuat Cold Brew Dengan French Press – Salah satu alat seduh paling praktis dan pasti dimiliki oleh kebanyakan penikmat kopi adalah french press. Saat mendengar namanya, tentu yang terbayang adalah alat seduh ini dinamakan berdasarkan negara tempat alat ini pertama dipakai.  Namun french press ternyata punya beberapa nama lain, seperti cafetiere, press pot, coffee plunger, dan chambord.

Menurut cerita yang beredar, sekitar tahun 1850, french press ditemukan secara tidak sengaja. Saat itu ada seorang Perancis akan menyeduh kopi, dan sudah memasak air dalam ketel kecil, namun ia lupa memasukan bubuk kopi dalam ketel. Saat kopi ditambahkan ke air yang mendidih, bubuknya malah mengambang di permukaan air.

Si orang Perancis tidak punya bubuk kopi lain, hingga ia bergegas membeli saringan logam dari seorang pedagang Italia yang kebetulan lewat. Saringan itu ditaruhnya di atas air dalam ketel, kemudian ia mendorong saringan bersama bubuk kopi yang mengambang dengan batang kayu, hingga terdorong ke bagian bawah ketel.

Orang Perancis itu tidak banyak berharap pada rasa kopinya, karena diseduh dengan cara tidak biasa. Namun, kedua orang Perancis dan Italia mendapati bahwa kopi yang diminumnya hari itu adalah kopi terbaik yang pernah mereka rasakan.

Asal Usul Mesin French Press

Desain pertama dari alat seduh ini dipatenkan tahun 1852 oleh Mayer dan Delforge dari Perancis. Desain alat yang pertama ini bentuknya agak berbeda dari yang kita kenal sekarang.

French press dengan model yang menyerupai alat yang kita kenal saat ini, pertama kali dipatenkan oleh Attilio Calimani dan Giulio Moneta yang berkebangsaan Italia pada tahun 1929.

Seiring waktu, banyak orang melakukan perubahan pada desain french press dan mematenkannya. Namun Faliero Bondanini mendesain ulang dan mematenkan di kantor paten Amerika Serikat pada tahun 1958. Alat seduh buatan Bondanini menjadi populer di Perancis berkat perusahaan lokal bernama  Martin S. A yang memproduksi dan memasarkannya dengan merk dagang chambord.

Selain Bodum, perusahaan Inggris, Household Article Ltd yang dimiliki salah seorang penanam saham di Martin S. A, memasarkan alat seduh mirip chambord dengan nama La Cafetiere, dan membuat alat ini menjadi populer di Inggris sejak tahun 1960 hingga tahun 1991 saat Bodum membeli Martin S. A, dan menyebabkan Household Article Ltd kehilangan hak untuk memasarkan produk ini dengan nama apapun.

French press masih menjadi alat seduh manual brew yang populer dan banyak dijumpai di kedai juga di rumah para penggemar kopi. Pemakaiannya yang mudah, waktu seduh yang singkat, serta harga yang terjangkau, membuat french press menjadi pilihan alat seduh untuk dimiliki. Meski sangat mudah digunakan, terutama untuk pemula yang sedang belajar menyeduh kopi, french press mampu menghasilkan kopi yang memiliki rasa yang enak asal dilakukan dengan tepat.

Baca Juga : Cara Membuat Cold Brew Susu Menggunakan Susu Sapi Yang Segar

Cara Membuat Cold Brew Dengan French Press Yang Mudah Dan Praktis

cara membuat cold brew dengan french press

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan:

  • French press.
  • 300 gram air mineral suhu ruang.
  • Timbangan.
  • 30 gram kopi digiling medium.

Cara Membuat Cold Brew Dengan French Press:

  1. Siapkan french press dan timbangan kopi.
  2. Tuang kopi yang sudah disediakan.
  3. Tuang air mineral perlahan ke dalam french press hingga kira-kira 80 gram.
  4. Kemudian aduk merata selama 20 detik.
  5. Setelah itu tambahkan sisa air hingga 300 gram.
  6. Masukkan plunger dan simpan ke dalam lemari es selama 12 – 13 jam.
  7. Setelah 12 jam pindahkan kopi ke wadah lain untuk menghindari proses ekstraksi yang berlanjut.
  8. Nikmati bersama batu es dan irisan lemon jika suka.
Demikianlah cara membuat cold brew dengan french press, semoga materi ini bisa membantu anda. Jika ingin mencoba bisa menggunakan cara yang diatas, atau menggunakan cara lain. Selamat mencoba!